Cara Membedakan jenis Kelamin Burung perkutut Jantan-Betina

Burung perkutut muda
Burung Perkutut sangat menyukai jenis hutan yang agak kering serta agak terbuka di bandingkan dengan menghuni hutan yang banyak pohon lebatnya.jenis burung perkutut umumnya lebih menyukai hidup yang selalu bersama keluarganya,artinya bergerombol yang lebih memilih untuk menempati di pinggiran hutan,bahkan ia akan lebih suka jika hidup di daerah pemukiman manusia.

Jenis pakan asli burung perkutut di hutan adalah berupa biji serta bunga dan benih tumbuhan.selain kompak,dalam merawat anaknya,burung perkutut akan selalu bergantian dengan sesama induk jantan dan betina.

Badan burung perkutut yang relatif kecil yang hanya memiliki panjang sekitar 9 sampai 16 Cm,serta bentuk bagian kepala yang lebih bulat kecil di serta corak warna bulu abu-abu di bagian lehernya.inilah ciri khas burung perkutut yang sekarang ini pamor serta wibawa semakin naik terangkat akibat banyaknya lomba yang di selenggarakan.

Dalam pembabaran kali ini,sesuai judul artikel di atas,akan saya berikan cara membedakan jenis kelamin burung perkutut baik yang jantan dan yang betina serta apa saja ciri dan bentuk yang bisa untuk di jadikan patokan dalam menentukan jenis kelamin tersebut.

Cara yang paling mudah dalam membedakan jenis kelamin burung perkutut,kita bisa meraba bagian supit udang atau bagian perut di dekat dubur burung perkutut tersebut.Cara yang bisa kita lakukan,seperti di bawah.
  1. Pegang badan burung perkutut tersebut dengan menggunakan tangan kiri juragan.
  2. lalu rabalah supit tersebut dengan menggunakan ibu jari juragan.
  3. jika sipit burung perkutut tersebut sangat dekat,keras serta agak rapat,maka bisa di pastikan,jika kelamin perkutut tersebut adalah Jantan.
  4. Namun sebaliknya,jika saat kita raba pada bagian supit tersebut terasa lunak,maka Burung perkutut tersebut adalah betina.
Ciri lain yang bisa untuk juragan jadikan patokan untuk membedakan jenis kelamin burung perkutut ini adalah dengan cara melihat ciri kusus yang ada pada burung tersebut.ciri tersebut meliputi.
  • Pada bagian muka pas dekat dahi,jika terdapat warna putih,maka perkutut tersebut adalah jantan.
  • Sedangkan untuk di dahi betina,tidak ada tanda kusus baik warna dan ciri yang bisa untuk di jadikan patokan.
  • Ukuran serta bentuk burung perkutut kelamin jantan,biasanya memiliki ukuran bentuk lonjong agak memanjang.Dan perkutut yang betina,relatif bulat
  • kicauan atau suara perkutut jantan dan betina juga berbeda,perkutut jantan memiliki volume dan nada yang agak keras besar.Jika yang betina lebih pelan.
Dengan melihat ciri dan bentuk seperti yang sudah saya jelaskan di atas,juragan pencinta burung perkutut akan lebih mudah untuk membedakan jenis kelaminnya.ciri tersebut mutlak adanya.semoga berguna dan bisa untuk di jadikan rujukan bagi anda yang selama ini kebingungan dalam memilih dan membedakan jenis kelamin burung perkutut..salam juragan burung..

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon