Ciri Fisik Dan Karakter Kelebihan Burung Perkutut Tuban

burung perkutut tuban

Di indonesia hampir setiap daerah memiliki ciri khas burung perkutut.selain burung perkutut yang berasal dari tuban.ada juga burung perkutut yang berasal dari daerah dan negara lain misal perkutut bangkok yang pamor dan wibawanya lebih unggul di banding dengan burung perkutut asli daerah tertentu.

Burung perkutut yang berasal dari daerah tuban ini juga lebih di kenal burung perkutut unggulan dan lebih populer kususnya di daerah pulau jawa dan sekitarnya.Menurut cerita dari simbah saya dahulu,burung perkutut dari tuban lah yang pertama kali di pelihara oleh banyak orang sampai zaman sekarang ini.

Dahulu kala,warga daerah tuban sering memikat jenis burung perkutut liar dan di bawa pulang untuk di pelihara,dan ahirnya,banyak orang yang juga tertarik untuk memelihara jenis burung perkutut,sampai sekarang burung jenis ini banyak di cari orang dan menyebar ke daerah lain hingga sampai saat ini.

Bentuk dan ukuran burung perkutut yang berasal dari daerah tuban relatif kecil dan hanya memiliki panjang badan sekitar 18 Cm saja.memiliki dominan warna bulunya yang hitam,abu-abu serta warna putih di sebagian bulu badannya.sampai sekarang ini.jenis perkutut tubah sangat sulit untuk kita jumpai,karena tidak banyak orang yang membudidayakan perkutut tuban,jika dapat pun biasanya perkutut bakalan yang di tangkap dari daerah hutan

Burung perkutut tuban muda
Suara dan volume burung perkutut dari medan sangat bagus,merdu dan kebanyakan penghobi perkutut di jadikan sesepuh atau kelanggenan untuk di dengarkan alunan suaranya yang memiliki banyak irama yang khas.maka dari itu,banyak sekali pencinta burung perkutut yang memburu jenis burung asal tuban ini untuk di budidayakan atau untuk di ikut sertakan dalam lomba.

Burung perkutut tuban juga sangat mudah untuk kita merawatnya,selain mampu beradaptasi dengan lingkungan,burung perkutut tuban juga jarang sakit.ia memiliki ketahanan tubuh yang cukup baik,tidak mudah stres walaupun cuaca alam berubah drastis burung perkutut tuban mampu untuk beradaptasi dengan cepat.

inilah mudahnya jika kita memelihara jenis burung perkutut dari tuban ini.selain kebal,tidak mudah sakit,mudah perawatanya,bisa beradaptasi dengan lingkunganya dan tentunya memiliki suara yang bagus,volume besar serta memiliki banyak irama lagu yang jarang di miliki oleh burung perkutut dari daerah lainya.

Untuk burung muda atau bakalan yang baru mulai mengeluarkan suaranya,ia akan lebih suka jika kita berikan jenis pakan berupa ketan hitam dan pakan jewawut sebagai pakan harian nya.pakan burung perkutut tidak membutuhkan banyak.

Namun untuk masalah minum,jenis perkutut apapun sangat banyak dan jangan sampai burung perkutut kehausan,faktor utama burung mati akibat kurangnya air minumnya.maka dari itu,jika memelihara burung perkutut di rumah,penting untuk selalu menjaga air minum agar selalu tersedia dalam kandang. semoga membantu dan bermanfaat..


EmoticonEmoticon