Katuranggan Bentuk Ciri Burung Perkutut Berkualitas Unggul

Katuranggan burung perkutut
Katuranggan berasal dari kata jawa yang berarti Katur dan angga.katur sendiri berarti yang menyampaikan Dan Angga Berarti badan.Katuranggan sendiri bisa kita artikan ciri fisik yang terdapat pada bentuk Badan hewan yang memiliki kelebihan kusus termasuk pada burung perkutut ini.

Pada zaman dahulu kususnya di daerah pulau jawa,katuranggan adalah sebuah pedoman yang di jadikan patokan untuk menandai suatu bentuk hewan yang di anggap sangat bagus serta sedikit memiliki aura mistis.nah,untuk katuranggan burung perkutut sendiri,juga sudah banyak di jelaskan di berbagai sumber catatan naskah jawa kuno.yang paling terkenal adalah tentang Primbon katurangan perkutut yang sampai sekarang masih bisa kita temukan di berbagai buku maupun internet.

Burung perkutut yang memiliki katuranggan berkualitas unggulan pasti burung tersebut tergolong istimewa.Disini perlu kita garis bawahi juga,belum tentu katuranggan burung perkutut yang bagus juga memiliki suara yang bagus pula.itu yang perlu di ingat dan di pahami kususnya bagi juragan yang pemula terjun di dunia burung perkutut  yang jangan hanya mengandalkan bentuk dan ciri katuranggan pada burung perkutut tersebut..

Tak sedikit juga orang yang mengaitkan katuranggan tersebut dengan masalah mistis,gaib.katurangan burung perkutut hanya bisa di nobatkan pada jenis perkutut Lokal.banyak juga yang menyakini,jika katurangan tertentu mampu mendatangkan rezeki,melancarkan usaha,kebahagiaan rumah tangga bagi yang memelihara..kalau menurut saya pribadi..semua itu tidak ada kaitannya..

Jika mengiginkan lancar rezeki,kerja keras,dan banyak bersedekah bagi orang yang kurang mampu,fakir miskin dan anak yatim piatu..itu kalau menurut saya,jika menurut juragan lain,itu hal pribadi masing-masing..tidak usah di perdebatkan..

Dalam primbon jawa di sebutkan beberapa katuranggan ciri dan bentuk burung perkutut yang detailnya sebagai berikut.

Perkutut Kepala Bawang.

Kepala perkutut bentuk bawang
Jenis burung perkutut yang memiliki bentuk dan ciri kepala bawang ini kualitas suara yang di berikan tidak bisa untuk di jadikan patokan,tak menentu.terkadang suara sangat bagus yang bisa membuat orang yang mendengarkan sampai ketiduran,dan terkadang juga sangat jelek yang bisa bikin sakit telingan.

Perkutut jambe atau pinang.
kepala perkutut bentuk pinang/jambe

Sebutan ini untuk burung perkutut yang memiliki bentuk kepala yang menyerupai bentuk jambe atau pinang muda.jika perkutut memiliki ciri berikut,suara yang di berikan tergolong cukup bagus,suara Ngepol,serta memiliki irama lagu suara yang indah hingga bertahan lama sampai burung tersebut meninggal.

Perkutut Takir walik.

Kepala perkutut nakir walik
Jenis burung perkutut nakir walik ini di sebutkan bagi perkutut yang memiliki kepala berbentuk takir yang terbalik.kepala burung perkutut tersebut petak agak lonjong sedikit..kualitas suara bagi burung perkutut yang memiliki ciri ini adalah suara tidak bagus,tidak bisa di harapkan.

Perkutut Biji Nangka.
kepala perkutut Biji nangka

Jenis burung perkutut ini adalah bagian kepalanya menyerupai bentuk biji nangka.kualitas suara yang di berikan untuk perkutut jenis ini adalah bagus dan bisa bertahan lama akan tetapi suara indahnya tidak bisa di pertahankan.

Perkutut Kepala logam.
kepala perkutut uang logam/Bulat

Burung perkutut yang memiliki bentuk kepala seperti uang logam ini,bulan kualitas suara yang di berikan bagus di pertengahan usianya.jika sudah tua,keindahan suara akan hilang dan bahkan tidak berbunyi lagi.

Itulah sedikit penjelasan yang terdapat pada primbon jawa.semoga bermanfaat dan bisa untuk di jadikan rujukan bagi juragan yang selama ini masih memilih perkutut dengan katuranggan tertentu...


EmoticonEmoticon