Membuat Sangkar Burung Perkutut Umbaran-Ranji-Ternak

Kandang ternak perkutut By harafilmulki.com
Selama ini juragan burung perkutut masih yang banyak mengalami kesulitan dalam membuat sangkar baik untuk perkutut umbaran-ranji dan sangkar ternak.semua sangkar di atas memiliki fungsi dan kegunaan lain-lain.sebagai contoh kandang umbaran perkutut yang kusus di peruntukan untuk burung perkutut yang sudah siap maju lomba agar badan lebih kelihatan bugar dan atletis.

Baiklah,yang pertama akan saya bahas adalah Membuat sangkar umbaran perkutut..Sangkar jenis ini hanya di gunakan untuk melatih burung perkutut yang sudah dewasa,intinya burung perkutut tersebut sudah siap untuk kita ikutkan dalam lomba.fungsi dari kandang perkutut umbaran untuk melatih gerak,melatih badan,stamina dan untuk perawatan burung perkutut yang sedang masa mabung?rontok Bulu.

Kandang jenis umbaran ini memiliki ukuran yang bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita,atau kita sesuaikan dengan lahan tempat di rumah kita,jika kita memiliki lahan yang cukup lebar,tak ada salahnya jika kita membuat kandang umbaran yang sedikit agar lebar,namun,sebaliknya,jika di rumah hanya memiliki lahan kosong yang sempit,kita bisa menyesuaikan dengan ukuran tempat tersebut..Itinya tidak ada patokan kusus untuk membuat kandang umbaran ini.

Bahan yang bisa kita gunakan untuk membuat sangkar umbaran,untuk rangka kita bisa menggunakan bahan dari kayu atau dan dinding kita pakai kawat ram putih.usahakan dalam pembuatan kandang umbaran seluruh dinding terbuka,biar burung dengan leluasa seperti hidup di alam bebas..Menggunakan kawat Ram yang paling tepat.
Kandang burung perkutut Umbaran By Perkututaryabf.blogspot.com

Kandang Ranji Perkutut.

Selain kandang umbaran,perkutut juga memerlukan kandang yang namanya ranji.fungsi dari kandang jenis ini adalah untuk memelihara atau membesarkan piyikan burung perkutut yang baru kita sapih/pisahkan dari sang induk.kandang ranji ini bisa memuat beberapa ekor anakan burung perkutut.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas,Tidak ada ukuran kusus untuk membuat kandang ranji,sesuaikan dengan lahan/tempat di rumah anda.yang penting jangan terlalu kecil agar anakan burung bisa dengan leluasa bergerak bebas..

bahan untuk membuat kandang ini,kita bisa menggunakan kerangka kayu,serta untuk dinding,bisa kita gunakan lidi yang memiliki lubang atau bisa juga menggunakan kawat ram,namun yang paling bagus,untuk dindingnya,gunakan bahan dari lidi.

Kandang ternak perkutut.

nah yang terahir,masalah kandang ternak untuk burung perkutut,ukuran tidak ada patokan,sesuaikan dengan tempat kosong di rumah anda,namun sebelum membuat,sebaiknya kita perhitungkan matang-matang dulu,karena kandang ini kita buah mati,tidak bisa nantinya kita pindahkan lagi.

Induk burung perkutut,tergolong burung yang paling produktif untuk menghasilkan keturunan,jika kita ternakkan,induk perkutut bisa menetaskan anaknya satu bulan sekali,jika dalam satu tahun bisa mencapai 23 kali menetas.

Jadi intinya,burung ini sangat mudah untuk kita budidayakan,tak perlu memiliki pengetahuan kusus,yang penting di siapkan kandang kukus untuk beternak,pakan yang sesuai dengan perkutut tersebut dan perawatan yang secara rutin..itu saja..burung perkutut akan terus menghasilkan anakan yang cepat dan tiada henti..semoga berguna...


EmoticonEmoticon