Pakan Utama Burung Perkutut Mulai Piyikan Sampai Dewasa

Pakan Induk Perkutut Hutan Liar
Burung perkutut yang mulai dari bakalan atau piyikan hingga sampai burung tersebut menginjak dewasa memiliki pakan utama atau makanan pokok yang berbeda dengan burung berkicau lainya,sebab jenis burung perkutut ini tidak membutuhkan pakan jenis hidup,Maksudnya pakan jenis hewan,Pakan utama burung perkutut hanya berupa biji-bijian yang banyak mengandung karbohidrat untuk menopang kualitas suara dan kekuatanya..

Pakan utama burung perkutut sangat beragam seperti gabah,milet,jewawut,ketan hitam,godem dan beras merah yang akan saya bahas satu persatu manfaat serta pakan jenis mana yang bagus untuk burung perkutut sesuai umur..pakan jenis biji ini,asli pakan burung perkutut di alam liar,jadi jika burung perkutut kita berikan pakan selain tersebut,sudah bisa di pastikan,ia enggan untuk memakannya..Yang pertama akan saya bahas adalah pakan berupa..

Pakan Gabah..

Pakan perkutut gabah sangat bagus untuk burung yang sudah siap maju lomba,karena pakan jenis gabah ini juga tergolong rendah kandungan gizinya,gabah banyak mengandung karbohidrat yang berfungsi untuk menyuplai energi perkutut..

Pakan gabah yang kita berikan juga memiliki ukuran yang relatif kecil,jangan berikan gabah besar untuk pakan perkutut,walaupun perkutut makan gabah hingga banyak dan kenyang,ia tidak akan mengalami kegemukan,malah akan membuat badan menjadi atletis serta mampu untuk membentuk kualitas badan perkutut menjadi tegap..pakan jenis cocok kita berikan pada burung perkutut lomba.

Pakan millet..

Pakan berupa millet untuk burung perkutut sangat penting kita berikan,sebab pakan jenis ini banyak mengandung gizi yang relatif tinggi untuk meyeimbangkan badannya.jenis pakan ini sangat cocok jika kita berikan untuk perkutut piyikan yang masih dalam tahap perawatan.sebab kandungan gizi yang tinggi mampu untuk mendorong pertumbuhan perkutut tersebut..

Tapi perlu di ketahui,jika kita memberikan pakan berupa millet ini terlalu banyak,maka badan perkutut bisa gemuk dan kurang bagus untuk masuk lomba.badan perkutut yang gemuk umumnya akan malas untuk mengeluarkan suaranya.berikan pakan secukupya saja,jangan sampai burung perkutut mengalami kegemukan yang tidak wajar.

Pakan Jewawut.

Pakan utama Burung perkutut
Pakan jenis ini paling populer untuk pakan perkutut.jewawut terbuat dari biji-bijian asli pakan habitat alamnya..memiliki banyak kandungan protein yang sangat di perlukan untuk fisik burung perkutut dewasa yang sedang masa mengerami dan merawat anaknya..

Selain itu,jenis pakan jewawut ini juga bagus jika kita berikan pada burung perkutut anakan,karena akan mendorong anakan tersebut tumbuh sehat dan cepat besar..intinya pakan ejnis jewawut ini sangat cocok jika kita berikan pada burung perkutut segala umur baik piyikan hingga yang dewasa..

Pakan ketan hitam..

Pakan jenis ketan hitam ini sangat jarang burung perkutut yang menyukainya.namun,perlu juragan di rumah ketahui,saat sedang musim dingin.musim penghujan,perkutut sangat perlu untuk kita berikan jenis pakan ketan hitam ini..pakan ketan hitam,mampu untuk memberikan kehangatan untuk badan burung perkutut dan mampu untuk mengebalkan sistem antibodi pertahanan badan perkutut.

Tapi ingat,jangan memberikan pakan jenis ini yang terlalu banyak,karena pakan ketan hitam akan membuat perkutut cepat mabung dan suara perkutut agak rusak.berikan saat musim dingin saja sebagai selingan pakan utamanya..

Pakan Godem..

Pakan godem hampir sama dengan pakan jewawut.yang terlihat beda hanya warna bentu saja,yang godem memiliki warna hitam pekat.jenis pakan ini kasiat untuk perkutut sama seperti pakan ketan hitam,yang mampu untuk menghangatkan suhu badan perkutut saat musim dingin tiba..

Pakan Beras Merah.

Sangat jarang orang yang memakai jenis pakan beras merah ini untuk burung perkutut..sebenarnya pakan jenis beras merah ini hanya untuk pakan induk perkutut yang di budidayakan saja.pakan beras merah banyak mengandung vitamin E.

Dengan demikian,produktivitasnya akan semakin meningkat jika kita berikan pakan berupa beras merah ini..Intinya,pakan jenis ini hanya di berikan utuk induk perkutut yang sedang masa perjodohan,menelur,mengeram dan induk yang sedang merawat anaknya...semoga berguna..

1 comments so far


EmoticonEmoticon