Porsi Pemberian Pakan Burung Perkutut Lomba

Pakan Milet perkutut lomba By omkicau

Kusus untuk burung perkutut yang di gunakan untuk maju lomba,sebaiknya dalam pemberian pakan,kita juga harus teliti dan tidak asal saja,hal ini untuk menghindari burung perkutut tersebut malah tidak mau berbunyi di arena lomba.pakan untuk burung perkutut kusus untuk lomba,ada dua jenis pakan utama yang perlu juragan berikan..

Pakan burung perkutut untuk lomba kita bisa memberikan berupa pakan Gabah Dan pakan Millet.Kedua jenis pakan tersebut dalam meletakkan,kita taruh pada tempat yang berbeda,biarkan si burung tersebut untuk memilih pakan yang mana yang ia sukai untuk di makanya..

Dalam pemberian pakan pada burung perkutut lomba,pastikan setiap hari kita ganti dengan yang baru,porsi pakan kita sesuaikan dengan pakan harian perkutut tersebut,jangan di berikan terlalu berlebihan,toh nantinya jika tidak habis,mubazir malahan,berikan secukupnya saja,yang panting burung perkutut tersebut bisa memilih pakan yang ia sukai serta ia tidak merasa kelaparan..

Nah,jika saat waktu musim dingin,atau musim hujan,burung perkutut lomba bisa juragan berikan pakan berupa ketan hitam,Perlu di ingat,Dalam pemberian pakan ketan hitam ini jangan terlalu banyak,berikan kira-kira satu sendok teh saja setiap harinya..karena jika kebanyakan pakan ketan hitam,suara perkutut malah akan menjadi rusak.
Pakan Gabah Untuk perkutut lomba

Lain pula untuk burung perkutut yang fungsinya hanya untuk klagenan,Perkutut yang hanya di dengar suaranya saja,Bukan perkutut Lomba,pakan yang kita berikan juga berbeda,atau bisa pakan apa saja,tidak ada pakan kusus untuk jenis perkutut klagenan.

Kita bisa bisa memberikan pakan berupa biji,bisa juwawut,gabah millet sesuai ketersedian di rumah juragan dan kebiasaan pakan hariannya..yang paling penting,pastikan pakan perkutut tersebut selalu tersedia pada wadah nya,jangan sampai perkutut mengalami kelaparan,selain mampu menurunkan tingkat suaranya,burung perkutut yang sering kelaparan juga akan mudah sakit bahkan tak jarang langsung mati..ini yang perlu di ketahui...

Selain pakan,air minum untuk perkutut juga jangan sampai kekurangan,akan lebih bagus,jika burung perkutut kita berikan berupa air masakan,air yang telah kita rebus dulu,selain sehat dan lebih segar,kuman beserta bakteri juga akan musnah dan perkutut lebih aman dari berbagai serangan penyakit kususnya yang di timbulkan dari air minumnya..

Air minum burung perkutut setiap hari harus kita ganti dengan air minum baru,hal ini untuk mencegah timbulnya penyakit akibat pengendapan air minum tersebut dari bakteri yang tersebar melalui udara..hal ini wajib jika juragan di rumah menyanyangi burung perkutut juragan..

Mungkin hanya itu saja tulisan kali ini,di tunggu artikel selanjutnya yang akan saya bahas masalah burung perkutut baik dari piyikan hingga perkutut dewasa yang siap maju kontes,,semoga membantu..salam..


EmoticonEmoticon