Memilih Indukan Perkutut Bagus Untuk Ditangkarkan

Foto by  yomusa.com
Dalam budidaya burung perkutut baik sekala besar maupun kecil,alangkah baiknya jika bos di rumah memperhatikan ciri fisik serta kualitas induk ayang akan bos gunakan sebagai indukkan sebelum melakukan penangkaran.

kualitas induk perkutut tersebut akan menentukan hasil yang akan bos peroleh nantinya,yang penting pilih induk perkutut yang memiliki kualitas baik itu dalam hal perawatan,pakan serta teknik dalam melakukan penangkaran tersebut..

Jika bos di rumah menginginkan kualitas anakan yang tergolong unggul nantinya,baik dari segi suara,bentuk serta ukuran badan perkutut,pipih dan carilah indukan perkutut yang memiliki kualitas bagus sebagai induk penangkar..

Bos bisa membeli perkutut yang baik dengan mendatangi penangkar langsung atau datang ke arena lomba untuk mencari perkutut berkualitas yang mungkin saja ada yang ingin menjualnya,tentunya harga yang di tawarkan juga akan lebih mahal,akan tetapi sebanding dengan kualitas dari perkutut tersebut..

Dalam memilih induk perkutut,bos bisa memperhatikan poin-poin di bawah.

  1. pilih dan carilah induk perkutut yang sudah sangat jinak,perkutut jinak akan sangat lebih mudah untuk kita budidayakan.
  2. Selain jinak,induk perkutut tersebut juga tidak ada cacat baik secara fisik maupun mental..dan yang lebih penting,perkutut harus dalam kondisi sehat.
  3. Memilih induk perkutut yang telah berusia di atas 9 bulan untuk yang perkutut jantan dan 6 bulan keatas untuk perkutut betina..Umur induk sangat menentukan nantinya dalam merawat anaknya dalam hal perawatan,sebab induk di atas 6 bulan sudah memiliki tingkat kualitas merawat anaknya yang cukup baik.
  4. Selain ciri di atas,carilah perkutut yang memiliki suara,volume serta nada yang bagus.irama nada induk perkutut juga akan menentukan suara anak nantinya..sebagai contoh saja,jika bos burung di rumah mengiginkan suara perkutut yang gacor dan besar,maka pilihlah induk yang memiliki irama tersebut..
yang mungkin bos ketahui,trah yang bagus akan menghasilkan anakan yang bagus,kunci utama sebelum melakukan penangkaran burung perkutut adalah memperhatikan dan mencari induk yang 
jelas asal-usulnya.


Jika kualitas induk serta rekam jejak induk perkutut tersebut bagus,maka sudah bisa kita prediksikan,jika anakan nantinya yang di hasilkan akan bagus juga..begitu juga sebaliknya.

Selain itu,perhatikan juga pemilihan induk,induk betina yang lebih tua dari induk jantan,induk betina yang lebih muda,induk jantan akan memperlakukan induk betina dengan kasar atau agresif.jika bos kesulitan menemukan induk betina yang lebih tua,juga tidak masalah,intinya akan lebih bagus jika penangkaran perkutut memilih induk betina lebih tua dari pada induk jantannya...salam.


EmoticonEmoticon