Ciri Burung Cucak Jenggot Dan Habitat Kehidupan Di Alam Liar


Burung cucak jenggot merupakan salah satu kerabat dekat dari cucakrawa dan cucak ijo. Cucak jenggot telah dikenal sejak dahulu. Nama cucak jenggot memang sering dikaitkan dengan cucakrawa.

Namun antara cucak jenggot dengan cucakrawa memang jauh berbeda dari segi kepopuleran. Cucakrawa jauh lebih populer dibandingkan dengan cucak jenggot.

Namun begitu cucak jenggot termasuk ke dalam salah satu jenis burung unggulan walaupun tidak sepopuler burung cucakrawa. Burung cucak jenggot lebih dikenal sebagai burung master isian untuk burung berkicau lainnya.

Apa maksud dari burung master isian? Burung master isian maksudnya adalah burung yang akan melatih burung lainnya supaya terus berkicau. Contohnya seperti burung cucak ijo yang akan dilatih kicauannya atau suaranya membutuhkan burung yang setiap harinya berkicau seperti burung cucak jenggot agar dapat di contoh dengan burung cucak ijo.

Ciri Burung Cucak Jenggot Dan Habitat Kehidupan Di Alam Liar

Karena itulah mengapa cucak jenggot tidak terlalu populer dibandingkan dengan burung cucakrawa karena memang lebih cenderung digunakan sebagai burung master isian. Biasanya, cucak jenggot yang diikutsertakan ke dalam kontes merupakan cucak jenggot betina.

Mengapa begitu? Karena cucak jenggot betina dianggap lebih memiliki karakter suara trecetan yang bagus serta variasi suara yang lebih banyak dibandingkan dengan cucak jenggot jantan. Pendapat tersebut sebenarnya salah.

 Karena jika lebih diperhatikan lebih lanjut, cucak jenggot jantan memiliki variasi suara yang lebih banyak daripada cucak jenggot betina yang tidak memiliki variasi suara yang banyak. Namun pendapat bahwa cucak jenggot betina lebih memiliki karakter suara trecetan yang bagus serta varias suara yang banyak sudah menyebar keseluruh kicau mania.

Jadi tidak banyak para kicau mania yang mengonteskan burung cucak jenggot jantan akibat pendapat yang salah tersebut.

 Setelah membahas beberapa hal mengenai cucak jenggot lantas, apakah Anda tahu habitat asli dari cucak jenggot serta kebiasaan hidup dari cucak jenggot jika di alam liar? Jika Anda tidak tahu, mari kita simak uraian di bawah ini.

Habitat asli serta kebiasaan hidup cucak jenggot
Habitat asli cucak jenggot adalah di hutan yang penuh dengan semak serta di hutan yang lembap. Jadi, jika ingin menangkap cucak jenggot dapat dilakukan di hutan yang penuh dengan semak. Cucak jenggot memang lebih suka hidup di hutan yang penuh dengan semak dan lembap.

Tidak hanya itu tempat hidup cucak jenggot harus memiliki sumber air yang memadai. Burung cucak jenggot memiliki kebiasaan hidup jika di alam liar. Kebiasaan hidup tersebut adalah suka memburu kumbang yang sedang terbang sebagai makanannya.

Tidak hanya itu cucak jenggot juga sering ditemukan bersama dengan pasangannya. Di Indoensia sendiri, cucak jenggot telah menyebar kebeberapa daerah seperti Jawa Timer, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Sedangkan di daerah Sumatera sangat jarang ditemukan cucak jenggot karena cucak jenggot lebih menyukai hutan di daerah dataran tinggi.demikian Ciri Burung Cucak Jenggot Dan Habitat Kehidupan Di Alam Liar semoga bisa berguna dan membantu.



EmoticonEmoticon