Ciri Dan Asal - Usul Burung Toet Lokal Unggul


Burung toet termasuk jenis burung lokal asli indonesia yang pendiam. Dikatakan burung pendiam karena burung toet memang lebih sering terlihat diam daripada melakukan pergerakan seperti halnya burung pada umumnya. Dibalik sifatnya yang pendiam ini ternyata toet merupakan burung yang sangat galak.

Jika saat sedang diam sifatnya ini memang tidak tampak dan seolah-olah toet merupakan burung yang sangat pendiam. Namun, jika sudah keluar sifat aslinya yaitu galak maka orang-orang akan tercengang melihatnya.

Bahkan, jika sudah keluar sifat aslinya burung ini akan memakan burung lainnya yang disebut dengan kanibal. Burung yang memiliki ekor panjang ini merupakan salah satu ari sekian banyak jenis burung berkicau unggulan. Toet memiliki kharisma tersendiri yang membuat orang menjadi tertarik untuk memeliharanya. Toet juga sering memenangkan suatu pertandingan.

Tak heran jika toet sering memenangkan pertandingan karena toet memiliki variasi kicauan yang cukup banyak. Tidak hanya itu saja, ternyata si paruh bengkok ini juga memiliki gaya salto yang sering dikeluarkannya ketika sedang di arena kontes.

Burung ini juga dapat meniru suara burung lainnya. Selain memiliki gaya salto, ternyata burung toet memiliki ciri khas lainnya. Ciri khas lainnya yang dimiliki toet adalah suka menggoyangkan ekornya apabila sedang berkicau.

Saat burung toet sudah menggoyangkan ekornya ketika sedang berkicau tak jarang mengundang decak kagum bagi para penontonnya. Alhasil banyak orang yang mengagumi burung ini dan mulai memeliharanya.

Asal-usul Burung Toet Di Indonesia

Di arena kontes, para pemilik burung toet lebih memilih toet yang berasal dari Jawa Timur. Menurut sebagian orang, toet yang berasal dari Jawa Timur memiliki suara dengan volume yang besar.

Karena itulah banyak disetiap pertandingan toet yang dikonteskan merupakan toet yang berasal dari Jawa Timur. Sangat jarang ditemui kicau mania yang mengandalkan burung lainnya ketika dikonteskan karena sangat jarang ditemukan toet yang berasal dari luar daerah Jawa Timur memenangkan kontes.

Hal ini disebabkan karena burung toet  yang berasal dari daerah lain memiliki suara yang kecil sehingga sangat sedikit peminatnya.

 Habitat Asli Burung Toet Liar Hutan

Di alam bebas, burung toet lebih sering ditemukan di daerah pinggir hutan. Tak jarang ditemukan toet berkeliaran di pemukiman penduuk seperti di persawahan atau di kebun tembakau.

Di tempat tersebutlah burung toet beraktivitas. Untuk menemukan toet di alam bukalah hal yang sulit. Hal ini dikarenakan burung toet sering terlihat bertengger di pohon.

Sehari-harinya burung ini selalu menghabiskan waktu sendiri. Namun, ketika sudah memasuki musim kawin, toet akan bersama pasangannya.

Burung toet merupakan burung kanibal atau pemakan sesama jenis burung. Burung toet akan memakan jenis burung lainnya apabila sifat aslinya yaitu galak telah keluar.

Burung yang sering diburunya yaitu burung emprit dan beberapa jenis burung lainnya.Demikian asal-usul burung toet asli indonesia serta penyebaran khusunya di hutam tropis indonesia.


EmoticonEmoticon