Ciri Dan Motif Ekor Murai Batu Import Serta Beberapa kelebiannya

Murai Batu Malaysia Liar

Keberadaan murai batu Lokal maupun Impor saat ini sudah menyebar keseluruh Indonesia. Bahkan, murai batu juga menyebar ke negara lainnya seperti negara Malaysia, Filipina, dan Thailand. Murai batu memiliki begitu banyak jenisnya.

Dan sebagian besar jenis murai batu berasal dari Indonesia. Selebihnya dapat ditemukan di negara lainnya.

Apakah ada perbedaan antara murai batu lokal dengan murai batu impor? Antara murai batu lokal dengan murai batu impor jelas ada perbedaannya. 

Perbedaannya adalah jika murai batu lokal memiliki suara yang sangat bagus tetapi memiliki bentuk tubuh yang tidak terlalu bagus.

Ciri Dan Motif Ekor Murai Batu Import Serta Beberapa kelebiannya

Jika dilombakan dari segi suara dengan murai batu impor, jelas murai batu lokalah yang menang. Sedangkan murai batu impor cenderung memiliki postur tubuh atau bentuk tubuh yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan murai batu lokal.

Lantas, apa-apa saja jenis murai batu lokal dan impor? Untuk mengetahuinya lebih lanjut jenis-jenis dari murai batu lokal dan impor, simaklah uraian di bawah ini.
  • Murai batu Malaysia
Ciri-ciri dari murai batu asal malaysia adalah sebagai berikut.
  1. Memiliki ekor yang panjang. Panjang ekornya bisa mencapai 31-34 cm.
  2. Warna tubuhnya hampir seluruhnya hitam kecuali pada bagian dadanya cenderung berwarna cokelat tua.
  3. Memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dalam hal menangkap suara
  4. Kualitas suaranya bisa dikatakan bagus.
  5. Memiliki kelemahan yaitu energinya mudah terkuras.
Itulah ciri-ciri dari murai batu asal Malaysia.
  • Murai batu Filipina
Murai batu asal Filipina dikenal sebagai murai batu yang memiliki bentuk tubuh yang sangat indah. Jadi tidak heran jika banyak yang menjadikan burung murai batu asal Filipina sebagai burung murai hias.
  • Murai batu Thailand
Di Thailand, murai batu banyak ditemukan di daerah perbatasan antara Thailand dan Malaysia. Murai batu asal Thailand memiliki ciri khas.

Ciri khas murai batu asal Thailand memiliki ekor yang sangat panjang dibandingkan dengan murai batu lainnya. Panjang ekor murai batu asal Thailand adalah bisa mencapai 34 cm. Atau bahkan bisa lebih panjang lagi.

Ekor murai batu Thailand berwarna hitam bercampur dengan biru yang jika dipandang terlihat lebih mengkilap.

  • Perbedaan dengan Murai batu Jambi
Murai batu yang berasal dari Jambi dibagi atas dua jenis, yaitu murai batu dataran rendah dan murai batu dataran tinggi. Murai batu jambi termasuk murai batu yang memiliki suara yang bagus.

Murai batu jambi lebih dipilih ketimbang murai batu asal lampung karen belakangan ini baru diketahui mengenai kelebihan dari murai batu jambi.

Murai batu jambi dikenal sebagai murai batu yang memiliki mental yang kuat dan rajin berkicau. Murai batu jambi memiliki ciri khas yaitu memiliki emosi yang tinggi.

Murai batu asal jambi yang berada di alam liar saat ini keberadaannya sudah mulai langka. Hal ini dikarenakan sudah marak orang yang menangkap murai batu asal jambi secara tidak benar.

Mungkin hanya ini tulisan untuk malam ini seputar Ciri Dan Motif Ekor Murai Batu Import Serta Beberapa kelebiannya semoga membnatu dan bisa untuk di jadikan bahan rujukan anda di rumah..


EmoticonEmoticon