Ciri Karakteristik Dan Habitat Asli Burung Murai Batu Berkualitas Unggulan


Murai Batu Bakalan Liar Hutan

Murai batu merupakan salah satu jenis burung berkicau yang namanya sudah dikenal oleh para kicau mania dan dimasukkan ke dalam kelas burung unggulan. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa murai batu memiliki suara kicauan yang sangat khas.

Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi murai batu termasuk salah satu jenis murai batu yang memiliki suara terbaik di seluruh dunia.

Walaupun murai batu dikenal sejak puluhan tahun yang lalu tepatnya sejak tahun 1970-an tetapi kepopuleran burung murai batu ini tidak pernah memudar seiring dengan banyaknya jenis burung berkicau baru yang bermunculan.

Ciri Karakteristik Dan Habitat Asli Burung Murai Batu Berkualitas Unggulan

Murai batu memiliki kharisma tersendiri yang membuat dirinya tetap dikenal hingga saat ini. Karena termasuk kelas burung unggulan membuat harga dari murai batu sangat mahal. Hanya orang yang sudah fanatik dengan burung murai batulah yang akan sanggup membelinya.

Satu ekor murai batu saja ada yang sampai dihargai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Namun, walaupun harganya sangat mahal, burung murai batu tetap saja diburu oleh kicau mania. Karena banyak diburu membuat keberadaannya di pasaran menjadi langka.

Karena kelangkaan ini, membuat sebagian para kicau mania tergerak untuk melakukan penangkaran guna melestarikan keberadaan murai batu di pasaran. Alhasil hingga saat ini burung murai batu tetap dapat kita jumpai.

Baik itu di pasaran maupun di tempat-tempat lainnya. Burung murai batu yang ada saat ini kualitasnya tidak sama seperti murai batu dahulu. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang menangkarkan murai batu padahal sebagian orang tersebut bukanlah orang yang mengerti di bidang burung berkicau.

Akan tetapi, walaupun kualitasnya tidak sama seperti murai batu yang terdahulu namun nama murai batu tetap dikenal sebagai burung yang memiliki kualitas nomor satu dan tetap menduduki tingkat teratas di dalam deretan burung berkicau unggulan.

Habitat asli murai batu Di Alam Liar

 Habitat asli murai batu adalah di hutan terbuka yang penuh dengan semak belukar. Di Indonesia, penyebaran murai batu hampir diseluruh wilayah, terutama di wilayah Kalimantan dan di wilayah Sumatera.

Penyebaran murai batu juga sampai ke wilayah Jawa. Akan tetapi, murai batu yang berasal dari wilayah Jawa khususnya yang berasal dari daerah yang memiliki gunung berapi aktif tidak sama rasnya dengan murai batu yang berasal dari wilayah Sumatera.

Di alam bebas, burung murai batu hidup secara individu. Namun juga sering ditemukan bersama pasangannya.

Asal murai batu pilihan Berkualitas Unggul

Walaupun burung murai batu penyebarannya sudah mencapai keseluruh wilayah yang ada di Indonesia, namun tidak semua jenis murai batu tersebut merupakan murai batu yang berkualitas atau murai batu pilihan.

Para kicau mania lebih memilih burung murai batu yang berasal dari wilayah Sumatera dibandingkan dengan murai batu yang berasal dari Jawa atau dari Kalimantan.

Inilah sedikit uraian mengenai Ciri Karakteristik Dan Habitat Asli Burung Murai Batu Berkualitas Unggulan mudah-mudahan bisa membantu,berguna dan bermanfaat..


EmoticonEmoticon