Penyakit Akibat Kandang Ternak Murai Batu Dalam Ruangan


Murai batu terkenal dengan burung berkicau unggulan yang dikenal sering kali mendapatkan gelar jawara diberbagai kontes burung berkicau. Namun begitu ternyata murai batu juga sama seperti burung lainnya yang dapat terserang penyakit. 

Ya, murai batu memang dapat terserang penyakit apabila perawatan yang dilakukan tidak baik.

Penyakit yang dapat menyerang murai batu dapat mengakibatkan kematian apabila tidak ditangani dengan serius. Ada beberapa hal yang menyebabkan penyakit dapat menyerang murai batu. Dan salah satu diantaranya adalah sebagai berikut.

Kandang merupakan hal yang kebersihannya perlu dijaga. Sebab, burung murai batu selama dipenangkaran akan berada di dalam kandang tersebut. 

Jika kandang yang dibuat nyaman maka murai batu akan mudah untuk dirawat dan dicetak menjadi burung jawara.

Sedangkan jika kandang yang dibuat tidak nyaman untuk murai batu maka akan menyababkan murai batu menjadi tidak nyaman dan tidak mau tinggal di kandang tersebut. 

Penyakit Akibat Kandang Ternak Murai Batu Dalam Ruangan

Ada begitu banyak pemilik murai batu yang tidak memperhatikan kebersihan kandang murai batu. Mungkin tidak hanya pemilik murai batu saja tetapi pemilik burung berkicau lainnya juga sering terlihat tidak membersihkan kandang burung berkicaunya secara rutin.

Padahal, jika tidak dibersihkan secara rutin, kandang tersebut akan menjadi sarang bagi penyakit dan otomatis murai batu pun akan terserang penyakit.

Pada umumnya, hal-hal yang sering tidak diperhatikan seperti kotoran burung yang menempel pada bagian bawah sangkar. Kotoran yang tidak segera dibersihkan menyebabkan bakteri penyebab penyakit akan berkembang biak. Pakan yang tidak diganti pun juga menjadi sarang bagi bakteri penyebab penyakit.

Seharusnya, pakan yang diberikan pada murai batu harus diganti secara rutin walaupun pakan tersebut belum habis. Jika menunggu pakan tersebut habis maka bakteri akan berkembang terlebih dahulu.

Tidak hanya bagian kandang saja yang perlu dibersihkan, tetapi bagian lingkungan sekitar kandang juga perlu dibersihkan. Walaupun bagian kandang terlihat bersih tetapi jika lingkungan sekitar tidak bersih tetap saja penyakit akan menyerang burung murai batu.

Untuk mencegah agar bakteri penyebab penyakit berkembangbiak di kandang murai batu, sebaiknya bagian kandang harus dibersihkan secara rutin. Sangkar perlu dijemur pada pagi hari. Agar kandang lebih bersih lagi, sebaiknya lakukan penyemprotan cairan disinfektan sesuai dengan dosis.

Mengatasi Penyakit Murai Batu akibat dari kotoran Kandang

Apabila penyakit telah menyerang murai dikarenakan sanitasi kandang yang buruk, lakukanlah pengobatan. 

Pengobatan dapat dilakukan dengan cara meletakkan burung ke dalam sangkar yang dipasang lampu yang digunakan untuk pemanas. Tidak hanya itu, berikan juga antibiotik yang akan mempercepat penyembuhan murai batu.

Antibiotik yang diberikan harus antibiotik yang berkualitas. Dipilih antibiotik yang berkualitas agar dapat menyembuhkan murai batu secara cepat dan dapat membunuh bakteri penyebab penyakit.

Penyakit yang menyerang karena sanitasi kandang yang kurang baik jika sudah terlanjur parah maka pengobatannya akan sulit. 

Jika pun dapat diobati akan memakan biaya yang tidak sedikit.Inilah Penyakit Akibat Kandang Ternak Murai Batu Dalam Ruangan semoga berguna dan bisa untuk di jadikan bahan rujukan.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon