Tips Perawatan Harian Dan Setelan Murai Batu Bakalan Dewasa


Untuk menjadikan murai batu sebagai jawara bukanlah hal yang mudah. Pemilik murai batu tersebut harus berusaha agar bisa menjadikan murai batu miliknya menjadi murai batu jawara. Salah satu usaha yang harus dilakukan oleh pemilik murai batu adalah dengan melakukan perawatan.

Dengan melakukan perawatan ini, murai batu akan terlatih untuk menjadi murai batu unggulan yang dapat menampilkan keunggulan yang dimiliki oleh murai batu tersebut. 

Perawatan yang dapat dilakukan oleh pemilik murai batu adalah perawatan harian dan perawatan mingguan.

Di dalam melakukan perawatan harian dan perawatan mingguan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Berikut ini akan dijelaskan satu per satu mengenai perawatan harian dan perawatan mingguan.

Setiap pemilik murai batu memiliki cara tersendiri di dalam melakukan perawatan harian. Walaupun caranya berbeda-beda, namun intinya tetap sama yaitu menjadikan murai batu sebagai burung murai batu jawara. 

Tips Perawatan Harian Dan Setelan Murai Batu Bakalan Dewasa

Di dalam melakukan perawatan harian murai batu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Beberapa hal yang perlu dilakukan di dalam melakukan perawatan harian murai batu diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Pada pagi hari, murai batu dapat langsung di letakan di teras rumah untuk mendapatkan angin.
  2. Satu jam kemudian, murai batu dapat dimandikan. Memandikan murai batu juga dapat disesuaikan dengan kebiasaan murai batu. Memandikan murai batu dapat menggunakan tempat mandi khusus atau menggunakan sprayer.
  3. Jemur murai batu selama satu jam atau sesuai dengan kebiasaan murai batu. Penjemuran sebaiknya di tempat yang aman dan tidak ada murai lainnya atau burung lainnya.
  4. Selama murai batu dijemur, pemilik dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk membersihkan sangkar.
  5. Pakan yang ada di dalam sangkar dapat diganti. Atau jika masih ada pakan di dalam tempat pakan tersebut dapat ditambahkan.
  6. Pakan yang dapat diberikan seperti pakan tambahan. Pakan tambahan yang dapat diberikan seperti jangkrik. Jangkrik yang akan diberikan kakinya terlebih dahulu harus dipotong.
  7. Pemasteran dapat dilakukan setelah penjemuran berlangsung.
Itulah perawatan harian yang perlu dilakukan kepada murai batu setiap harinya.

Perawatan Mingguan Murai batu
Adapun perawatan mingguan yang perlu dilakukan kepada murai batu diantaranya adalah sebagai berikut.

Kroto dapat diberikan setiap 2-3 minggu sekali. Masalah waktu pemberiannya tergantung kepada pemilik dan kebiasaan murai batu saja.

Murai perlu diumbat. Dalam sehari, pengumbaran dapat dilakukan selama 3 jam sehari. Dalam satu minggu pengumbaran dilakukan 4-5 kali.

Untuk menjaga agar tubuh murai batu tetap vit, berikan multivitamin setiap minggunya. Jenis multivitamin yang diberikan tergantung kebutuhan murai batu tersebut. Dalam satu minggu, multivitamin yang dapat diberikan 3-4 kali. Multivitamin dapat diberikan dengan berbagai cara. 

Pemberian multivitamin dapat dilakukan dengan cara mencampurkan ke dalam air minum yang akan diberikan pada murai batu. Multivitamin yang diberikan harus sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.

Itulah Tips Perawatan Harian Dan Setelan Murai Batu Bakalan Dewasa semoga membantu dan berguna.


EmoticonEmoticon